Cara Menghapus Virus Trojan Di HP Android

Menghapus Virus Trojan Di HP Android – Malware Android hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran dan cara Anda dapat mempertahankan ponsel pintar Anda dari itu.untuk Aplikasi Android, kami membahas semua malware umum dan cara mengatasinya. Pada bagian selanjutnya tentang  virus Android, bagaimana mereka dapat menginfeksi ponsel pintar Anda, dan apa yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kekebalannya terhadap virus maupun trojan. Sebelum kita mulai, mari kita lihat sedikit sejarah virus di hp android.

Virus HP seluler pertama

Di masa lalu, virus seluler dianggap agak mitos: PC punya virus, smartphone tidak menjadi pemikiran yang berlaku. Namun, ilusi keselamatan ini hancur pada 2004 setelah sebuah kelompok Republik Ceko dan Slovakia bernama 29a menciptakan virus bernama Cabir dan mengirimkannya sebagai bukti konsep ke beberapa laboratorium keamanan siber profesional.

Ketika diinstal, virus – worm jaringan – akan menginfeksi Symbian dan OS Seri 60 melalui koneksi Bluetooth aktif dan menampilkan kata “Cabir” pada layar ponsel yang terinfeksi. Menjadi sekadar pembuktian konsep, itu tidak menyebabkan kerusakan.

Sayangnya, kotak Pandora telah dibuka: aktor jahat menyadari ada peluang untuk menyebabkan kekacauan. Setelahnya, iterasi yang lebih berbahaya telah muncul. Beberapa di antaranya adalah:

SymOS / Kiazha.A – Trojan ransomware yang menargetkan OS Symbian dan menghapus pesan SMS yang masuk dan keluar.
CommWarrior – virus yang mengatur ulang ponsel pada tanggal 14 setiap bulan. Citra tengkorak dipasang sebagai paket tema, tetapi file tersebut berjalan untuk menonaktifkan program dan aplikasi. Ini juga mengubah semua ikon di telepon menjadi Jolly Roger atau gambar gambar.
Banyak ancaman seperti itu telah muncul sejak smartphone menjadi populer, dan banyak lagi yang terus muncul setiap hari. Karena penjahat dunia maya terus-menerus menemukan cara baru untuk menjebak pengguna agar memasang malware mereka, cara terbaik Anda adalah memahami bagaimana ancaman ini beroperasi.

Jenis virus seluler

Virus Android datang dalam berbagai rasa, masing-masing dengan kebiasaan dan vektor entri sendiri yang dirancang dengan kerentanan tertentu. Berikut ini adalah yang paling umum:

Baca :  Aplikasi Simontox App 2019 Apk Download Latest Version Lama Apk [100% Working]

Spyware – Jenis malware ini dirancang untuk mengambil informasi secara diam-diam dari ponsel Anda, dan mengirimkannya kembali ke C&C (server perintah dan kontrol). Spyware datang menyamar sebagai aplikasi yang sah, yang merupakan cara cybercriminal mencoba membodohi pengguna untuk menginstalnya. Setelah diinstal, mereka mulai merekam informasi termasuk SMS / pesan teks, URL sedang diramban, aktivitas aplikasi, tombol ditekan, nama pengguna, dan kata sandi.

Ransomware – Program jahat ini mengenkripsi dan mengunci file penting Anda, lalu menawarkan untuk melepaskannya hanya jika Anda membayar uang tebusan. Peringatan spoiler: Mereka hampir tidak pernah melepaskan file. Tetapi mengingat begitu banyak pengguna memiliki data yang sangat penting pada ponsel cerdas mereka, dorongan untuk menyerah dan membayar kuat. (Tapi jangan lakukan itu!)
membuka kunci-android-ponsel

Worms – Ini adalah jenis virus ponsel Android yang paling agresif. Dirancang untuk mereproduksi sendiri tanpa henti, worm tidak memerlukan interaksi pengguna apa pun untuk dieksekusi. Mereka umumnya tiba melalui SMS, MMS, atau media digital lainnya.

Trojans – Kuncir ini pada aplikasi yang sah dan menginfeksi ponsel Anda setelah diinstal. Tidak seperti worm, trojan membutuhkan pengguna untuk menginstalnya sebelum mereka dapat melakukan tindakan mereka. Setelah diaktifkan, trojan dapat menonaktifkan aplikasi tertentu atau mengunci ponsel Anda untuk jangka waktu tertentu.

Android Vs infeksi iPhone

Sama seperti debat Windows vs macOS, Android dan iPhone memiliki kerentanan berbeda dan berbeda terhadap malware. Sementara selama bertahun-tahun iOS dianggap kebal terhadap malware, serangan baru-baru ini telah membuktikan bahwa ilusi kekebalan ini tidak cukup akurat. Sayangnya, pengguna Android memiliki risiko lebih besar tertular infeksi malware karena ada beberapa pasar di web selain dari Google Play Store yang mendistribusikan aplikasi Android. Beberapa situs aman, yang lain tidak.

Aplikasi iOS, di sisi lain, hanya dapat diunduh dari Apple App Store resmi, yang menggunakan beberapa langkah keamanan paling kuat yang ada. Aplikasi pada iOS juga di-sandbox, artinya mereka tidak dapat berinteraksi dengan aplikasi lain atau dengan OS melewati titik tertentu.

Aplikasi di Android juga dikosongkan, tetapi pada tingkat lebih rendah. Android mungkin merupakan sistem operasi telepon seluler paling populer di dunia, tetapi ia berjuang dengan memperbarui semua penggunanya ke versi aman terbaru dari sistem operasinya. Karena itu, pengguna iOS dan Android rentan terhadap serangan phishing melalui email atau bahkan melalui pesan SMS. Menggunakan solusi antivirus seperti Avast Mobile Security akan sangat membantu memastikan perangkat Anda tidak pernah terganggu.

Baca :  Tahu Bulat Mod Apk Terbaru 2019 Unlimited Money [100% Working] No Iklan

Bagaimana Anda bisa tahu apakah ponsel Anda memiliki virus?

Mengetahui apakah ponsel Anda telah terinfeksi memang gampang2 susah tetapi gejala virus Android tertentu menonjol dan dapat di rasakan. Inilah yang harus Anda perhatikan tanda ponsel android anda terkena virus atau trojan atau malware

● Aplikasi yang sering macet … Beberapa aplikasi cenderung macet atau sering heng atau lag. Namun, jika Anda mendapati banyak aplikasi mengalami crash terlalu sering, Anda mungkin terkena virus ponsel Android.

● Peningkatan penggunaan data tanpa alasan yang jelas – Menemukan batas data Anda telah turun jauh lebih banyak dari yang diharapkan setelah pesta musim GOT dapat dimengerti. Tetapi bagaimana jika hal yang sama terjadi setelah ponsel Anda hanya duduk di saku Anda sepanjang hari? Mungkin ada waktu untuk pemeriksaan.

● Iklan terus bermunculan – Iklan yang mengganggu itu dapat diblokir dengan mudah dengan browser seperti Opera. Tetapi jika mereka mulai bermunculan ketika tidak ada aplikasi yang berjalan, maka kebenaran yang jelek mungkin adalah Anda memiliki infeksi adware.

● Baterai habis dalam waktu singkat – Karena sebagian besar virus seluler tidak dioptimalkan, mereka cenderung menghabiskan baterai Anda lebih cepat daripada aplikasi resmi lainnya.

● Tagihan telepon Anda melewati batas – Mirip dengan penggunaan data yang tinggi, kenaikan mendadak pada tagihan telepon Anda adalah peringatan virus Android yang sempurna.

● Aplikasi asing – Banyak dari kita biasanya tidak repot menjalankan pemeriksaan untuk melihat apakah aplikasi baru yang keren itu sah atau tidak. Pengawasan seperti itu dapat terbukti mahal karena Anda mungkin secara tidak sengaja memberikan kunci palsu ke kerajaan ponsel Anda.

Baca :  Download Aplikasi LK21 Pro HD V2.0 Gratis (100% Works)

● Telepon mulai sering kepanasan – Meskipun mungkin ada berbagai alasan mengapa telepon Anda terlalu panas, malware sering menjadi salah satu penyebab utama.

Dari mana virus berasal

Untuk memastikan tidak ada hal di atas yang terjadi pada Anda, penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana malware seluler masuk ke ponsel Anda. Ada empat cara virus berasal:

Aplikasi yang terinfeksi – MO peretas yang paling umum, aplikasi populer dikemas ulang dengan malware dan kemudian didistribusikan melalui toko aplikasi. Seringkali, penjahat cyber akan datang dengan aplikasi yang benar-benar baru yang dirancang khusus untuk mengelabui pengguna agar menginstalnya.

● Malvertisements – Malvertis adalah praktik memasukkan virus ke dalam iklan yang didistribusikan melalui jaringan iklan. Cukup mengklik iklan dapat memicu unduhan virus, menginfeksi perangkat.

● Penipuan – Pengguna mengirim tautan ke halaman web yang terinfeksi yang berisi kode berbahaya. Cukup kunjungi halaman tersebut dapat memulai pengunduhan virus ke telepon (kecuali jika dilindungi oleh perangkat lunak antivirus)

● Unduhan langsung ke perangkat – Jenis yang paling kecil kemungkinannya, infeksi langsung ke perangkat mengharuskan peretas untuk melampirkan perangkat yang ditargetkan ke perangkat lain, dan secara manual menginstal malware ke perangkat tersebut. Ini adalah banyak spionase perusahaan kelas atas.

Install Antivirus dan Mulai Scan

5 antivirus terbaik dan ringan yang dapat kamu install di hp android kamu yang terindikasi terkena virus atau trojan, anda dapat coba versi gratisnya dahulu di playstore

1. Avast Mobile Security

2. AVG Android Antivirus

3. 360 Security

4. Kaspersky Internet Security

5. CM Security

 

Artikel Lainya